Ketua Komisi B DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua Komisi B DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto.

DPRD DKI Usulkan MRT Digratiskan Setahun

Nasional mrt
Theofilus Ifan Sucipto • 20 Maret 2019 01:31
Jakarta: DPRD DKI menggelar rapat komisi B yang menghasilkan beberapa usulan bagi pihak Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) sebelum menentukan tarif.
 
"Pertama, coba dihitung seandainya subsidi hanya untuk masyarakat DKI," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Alasannya, dia ingin subsidi yang dikucurkan pemerintah daerah tepat sasaran yaitu diberikan pada masyarakat DKI. Pasalnya, berdasarkan data yang diterima DPRD DKI 70 persen pengguna transportasi berasal dari luar Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usulan kedua adalah meminta pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) serta pihak MRT dan LRT menentukan teknis untuk membedakan mana yang masyarakat Jakarta dan bukan.
 
Ketiga, anggota Komisi B Ida Mahmudah meminta pihak MRT dan LRT memerhatikan betul masalah kebersihan. Ida menilai banyaknya tempah sampah yang disediakan tidak menjamin kebersihan stasiun.
 
"Di Jakarta banyak tempat sampah tapi sampah di mana-mana. Di luar negeri tempat sampah sedikit tapi hampir tidak ada sampah berserakan," kata Ida.
 
Dalam rapat tersebut, DPRD juga meminta tarif MRT dan LRT digratiskan sementara bagi warga Jakarta. Hal ini disebut efektif untuk menarik minat masyarakat beralih ke transportasi umum.
 
"Kewajiban pemerintah menyediakan pelayanan yang terbaik seperti sekolah gratis, kemudian transportasi gratis," kata Suhaimi.
 
Dia mengusulkan penggratisan tarif diberlakukan minimal selama satu tahun. Suhaimi yakin penggratisan tidak akan memanjakan masyarakat untuk malas membayar. Sebaliknya, Suhaimi yakin perekonomian di Jakarta bakal berkembang.
 
"Pariwisata akan jalan, berarti ekonomi jalan. Orang berdatangan mondar-mandir gratis. Sehingga akan naik lagi," jelas dia.

 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif