Komplotan pelaku penipuan berkedok panitera MA diringkus Polda Metro Jaya - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Komplotan pelaku penipuan berkedok panitera MA diringkus Polda Metro Jaya - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polisi Tangkap Penipu Berkedok Panitera MA

Nasional penipuan
Siti Yona Hukmana • 16 Agustus 2019 02:23
Jakarta: Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya kembali menangkap pelaku penipuan berkedok panitera Mahkamah Agung (MA). Komplotan penipuan ini beranggotakan tujuh orang.
 
Ketujuh orang itu yakni F, 31; S, 33; HH, 37; SD, 39; M, 25; MB, 32; dan AP, 37. Setiap pelaku memiliki perannya masing-masing.
 
"Tersangka HH ini kaptennya dan punya anak buah enam orang. HH mengaku sebagai panitera dan pegawai MA, enam anak buahnya bertugas membantu mencari data korban," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Argo, cara kerja komplotan ini sama seperti kelompok yang lebih dulu ditangkap. Pelaku awalnya melihat data korban yang berperkara di situs resmi MA.
 
"Dia pelajari perkara korban. Sasarannya perusahaan, setelah dapat ditelepon dan ditawarkan untuk memenangkan perkara korban," kata Argo.
 
Komplotan ini sudah beraksi sejak 2017. Korban beragam, dari Jakarta, Bandung, Semarang, Medan dan Pekanbaru. Nominal uang yang diminta pelaku dari Rp20 juta hingga Rp100 juta.
 
"Sejak 2017 hingga sekarang mereka telah untung Rp1 miliar," ucap Argo.
 
Komplotan itu ditangkap Juli 2019, dan sudah ditahan di Polda Metro Jaya. Ketujuh pelaku disangkakan Pasal 378 KUHP atau Pasal 3, 4 dan Pasal 5 junto Pasal 2 ayat (1) huruf r dan z UU RI Tahun 2010 dengan ancaman 20 tahun penjara.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif