Spanduk imbauan wajib belajar malam hari di RW 04 Kelurahan Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan. MTVN/Whisnu Mardiansyah.
Spanduk imbauan wajib belajar malam hari di RW 04 Kelurahan Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan. MTVN/Whisnu Mardiansyah.

Senja Menjelang, RW 04 Pancoran Sepi dari Anak Usia Sekolah

Nasional pelajar
Whisnu Mardiansyah • 17 Agustus 2016 06:51
medcom.id, Jakarta: Suasana sepi terlihat di rukun warga (RW) 04 Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Pukul 18.00 WIB, hening menyelimuti daerah itu.
 
RW 04 Pancoran telah memberlakukan program wajib belajar malam sejak 4 Agustus. Anak usia sekolah diwajibkan belajar dan mengikuti kegiatan bermanfaat sejak pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Tak hanya itu, televisi di wilayah itu pun tak boleh dihidupkan.
 
Saat menelusuri setiap gang di wilayah RW 04 Pancoran, Metrotvnews.com tak menemukan satupun kerumunan anak usia sekolah di luar rumah. Tak ada hiruk pikuk televisi saling menyahut di balik dinding rumah. Sebagian besar rumah warga pun tertutup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivitas hanya tampak di beberapa warung kelontong yang buka. Di depan warung, terlihat beberapa pengemudi ojek daring yang sedang menanti pelanggan.
 
"Disini udah sepi jam segini. Anak-anak wajib belajar di rumah semua," kata salah satu driver ojek online di kepada Metrotvnews.com, di Jalan Pancoran Barat IX, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).
 
Masyarakat terlihat antusias dengan program ini. Beberapa orangtua menilai, program ini membuat interaksi orangtua dan anak lebih intim.
 
Tak ada petugas yang berkeliling untuk memastikan program ini berjalan sesuai rencana. Ketua rukun tangga (RT) 04/ RW 04 Eko mengatakan, warga sadar dengan manfaat program ini.
 
"Saya kontrol lihat kondisi warga. Ini kan bentuknya kesadaran. Warga kalo nyalain televisi malu sendiri. Dampaknya sepi sekarang lingkungan," kata Eko kepada Metrotvnews.com.
 
Meski begitu, ada beberapa warga yang masih bandel. Sebuah rumah terlihat menghidupkan televisi di rumahnya. Warga yang enggan menyebutkan namanya itu berkilah anaknya belajar di lantai dua.
 
"Televisi di (lantai) bawah ini juga lagi nonton berita, anak-anak belajar di atas jadi enggak ganggu," ujar dia.
 
Aturan wajib belajar malam ini mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta nomor 8 tahun 2006 tentang Jam Wajib Belajar. Pelarangan menonton televisi dan menggunakan gadget, diterapkan kepada anak-anak usia sekolah SD sampai SMA agar mengoptimalkan waktu belajar di malam hari.
 
"Program ini inisiatif dari Camat Pancoran. Pak Camat menugaskan kawasan khusus untuk program wajib belajar," kata Lurah Pancoran Ahmad Baehaqi saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya.
 

(DRI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif