NEWSTICKER
Petugas medis ilustrasi. Medcom.id
Petugas medis ilustrasi. Medcom.id

Syarat Petugas Medis DKI Tinggal di Hotel Grand Cempaka

Nasional Virus Korona
Cindy • 26 Maret 2020 17:23
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menyediakan tempat tinggal sementara bagi tenaga medis yang menangani pasien positif korona (covid-19). Tenaga medis mesti memenuhi persyaratan.
 
"Tenaga kesehatan tersebut mendapatkan surat pengantar dari rumah sakit dan kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan," kata Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) Novita Dewi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Novita menyebut tahap pertama penyediaan tempat tinggal sementara di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. Tempat dikhususkan untuk tenaga medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan RSUD Sakit Tarakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian tahap kedua untuk RSUD yang lain mungkin tahap ketiga kita akan buka untuk rumah sakit selain RSUD," ucap Novita.
 
(Baca: Hotel Grand Cempaka Disulap Jadi Tempat Tinggal Petugas Medis)
 
Dia mengatakan seluruh karyawan Hotel Grand Cempaka dites laboratorium. Ini untuk memastikan siapa pun yang berada di dalam hotel negatif korona.
 
Pengecekan ketat juga dilakukan di pintu masuk dan keluar hotel. Pemprov DKI, kata dia, telah menyediakan dua bilik disinfeksi masing-masing untuk tenaga medis dan untuk umum.
 
"Kemudian di kamar setiap hari begitu mereka check out untuk berangkat ke rumah sakit, kamar kita bersihkan dan selalu semua kita semprot desinfektan," ujar Novita.
 
Sebanyak 220 kamar dengan 414 tempat tidur disediakan di Hotel Grand Cempaka. Total, 138 tenaga medis dari RSUD Pasar Minggu dan RSUD Tarakan telah memanfaatkan tempat tinggal sementara itu. Pemprov DKI akan menyediakan segala kebutuhan tenaga medis.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif