Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa

Siswa SD Lebih Banyak Mendapat Izin Sekolah Tatap Muka

Nasional DKI Jakarta Guru Virus Korona pandemi covid-19 Pembelajaran Tatap Muka
Kautsar Widya Prabowo • 08 April 2021 09:29
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memantau sejumlah sekolah yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka. Hasil pantauan, mayoritas siswa SD paling banyak mendapatkan izin dari orang tua untuk ikut metode pembelajaran tersebut.
 
"Saya (memantau) dari SD, SMP, SMA, ternyata makin tinggi, makin banyak orang tua yang belum memberikan kesempatan anak-anak di sekolah tatap muka langsung. Sebaliknya anak SD lebih banyak," kata Ariza di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 7 April 2021.
 
Ariza menyebut sebagian besar siswa SD diantar langsung orang tua. Sehingga, kehadiran siswa terpantau bahkan diawasi orang tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau anak-anak yang lebih besar itu kan jalan sendiri," kata dia.
 
Ariza mengkhawatirkan siswa yang pergi ke sekolah tanpa sepengatahuan orang tua. Terlebih, saat menggunakan transportasi umum yang rawan penularan covid-19.
 
Baca: Uji Coba Sekolah Tatap Muka Digelar Seminggu Tiga Kali
 
Berdasarkan data yang dihimpun, kurang lebih hanya 20-30 persen orang tua yang mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka. Orang tua diberikan kewenangan untuk menentukan anaknya mengikuti metode pembelajaran tatap muka atau tetap di rumah via daring.
 
"Orang tua masih khawatir. Ini (uji coba) belum diberlakukan semua, belum ditanyakan semua, baru di 85 sekolah. Nanti secara bertahap kita akan lihat, Insyaallah hasilnya baik," kata dia.
 
Jika hasil evaluasi uji coba berjalan dengan baik, kata dia, tidak menutup kemungkinan uji coba akan diperluas. Namun, orang tua dan guru diminta berpartisipasi mengedukasi peserta didik untuk tetap menaati protokol kesehatan.
 
"Jadi siswa ini berangkat dari rumah, tugas kita keluarga, orang tua memastikan anak kita yang sekolah memahami prokes dengan baik, mengunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan semua perlengkapan dibersihkan," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif