Ilustrasi. (Foto: MI/Bary Fathahillah)
Ilustrasi. (Foto: MI/Bary Fathahillah)

Sudin SDA Jakbar Temukan Tanggul Banjir Sengaja Dijebol

Nasional banjir jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 10 Januari 2020 01:15
Jakarta: Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat akan menambal tanggul yang diduga sengaja dijebol di beberapa area. Ini adalah antisipasi banjir susulan yang diperkirakan masih akan terjadi selama musim hujan.
 
Kepala Sudin SDA Jakbar Purwanti mengungkapkan tanggul di Kali Angke dan Kali Mookevart akan ditambal. Sementara itu, tanggul di area lain masih didata.
 
"Belum (datanya). Yang jelas yang bolongan agak besar di depan Apartemen Vittoria (Kali Mookervart) itu," kata Purwanti, seperti dilansir Antara, di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, sejumlah oknum sengaja menjebol tanggul berukuran lebar dua meter dan kedalaman 50 cm tersebut. Ia berspekulasi, beberapa titik tanggul lainnya sengaja dibolongi warga agar air dalam rumah mereka mengalir ke kali.
 
"Itu ada yang bolongin, sekarang sudah ditambal sama yang bolongin," kata dia.
 
Purwanti juga menjelaskan bahwa Sudin Jakbar akan menangani masalah tanggul tersebut meskipun ini ranah pemerintah pusat. "Kali Mookervart itu dari Cengkareng ke arah Tangerang itu kan (ranah) kementerian, tapi kalau udah kayak gini kan mau punya kita, mau punya kementerian ya udah kita kerjain aja," terang dia.
 
Jakarta Barat termasuk daerah yang cukup parah terdampak banjir pada Rabu, 1 Januari 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 220 rukun tetangga (RT) di Jakarta Barat masih tergenang air hingga Jumat, 3 Januari 2020.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif