Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Medcom.id/Theofilus Ifan.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Medcom.id/Theofilus Ifan.

Transportasi Ramah Lingkungan Misi Besar Pemprov DKI

Nasional transportasi
Kautsar Widya Prabowo • 29 Oktober 2019 15:42
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong terwujudnya transportasi hijau atau ramah lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan seperti mengalihkan kebiasaan masyarakat dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.
 
"Sekarang kita punya 220 trayek TransJakarta, kita berharap dengan peningkatan kapasitas ini maka banyak masyarakat yang meninggalkan kendaraan pribadi beralih ke transportasi publik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada Medcom.id, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga merevitalisasi trotoar. Tindakan itu diharapkan memanjakan para pejalan kaki. Trotoar dibangun sedemikian rupa agar masyarakat betah berjalan kaki dan ramah untuk disabilitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah provinsi juga membuat jalur khusus sepeda di Jakarta. Jalur khusus sepeda ini sudah diuji coba Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
"(Saat ini) ada 63 kilometer jalur sepeda," jelas dia.
 
Syafrin mengatakan jalur sepeda itu akan mengintegrasikan pemukiman warga dengan angkutan massal. Hal itu dipercaya memudahkan masyarakat mengakses transportasi umum.
 
"Misalnya orang-orang dari sekitar MRT Lebak Bulus itu nanti akan naik sepeda dan memarkirkannya sepedanya di dekat Stasiun MRT dan melanjutkan mobilitasnya," kata Syafrin.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif