Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Masyarakat Diingatkan Prokes Sebelum Hingga Setelah Perjalanan Mudik

Nasional Mudik Lebaran covid-19 Protokol Covid-19 Satgas Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 19 April 2022 18:57
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan cakupan vaksinasi covid-19 Indonesia semakin meningkat. Namun, capaian itu mesti dibarengi disiplin protokol kesehatan (prokes) agar periode mudik aman dari lonjakan.
 
“Terapkan prokes sebelum di perjalanan, saat perjalanan, dan setelah sampai tujuan agar terlindungi optimal,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 19 April 2022.
 
Baca: Polisi Siagakan Tim Pengurai Macet Mudik Lebaran di Cirebon

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiku mengatakan vaksinasi dan prokes merupakan kunci utama mengendalikan kondisi pandemi. Masyarakat jangan sampai terlena hingga mengabaikan prokes.
 
Wiku menyebut pemerintah memang melonggarkan mobilitas masyarakat termasuk mudik. Namun, kebijakan itu sudah dipertimbangkan dengan matang berdasarkan data dan fakta.
 
“Bahkan, hasil sero survei Maret 2022 menunjukkan 99,2 persen populasi masyarakat punya kekebalan dari covid-19 baik dari infeksi atau vaksin,” ujar dia.
 
Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan antibodi covid-19 di tengah masyarakat mencapai 99,2 persen. Angka itu lebih tinggi dari survei pada Desember 2021 sebesar 86,6 persen.
 
Budi gembira antibodi masyarakat semakin meningkat. Hal itu bakal membuat gejala covid-19 tidak parah apabila masyarakat terinfeksi virus tersebut.
 
“Kalau nanti diserang virus, daya tahan tubuh kita cepat menghadapinya dan mengurangi risiko masuk rumah sakit apalagi wafat,” kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 18 April 2022.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif