Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: MI/Immanuel
Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: MI/Immanuel

Hanya Terminal Pulo Gebang yang Beroperasi di Jabodetabek

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 12 Mei 2020 03:39
Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta membuka Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, untuk aktivitas antardaerah. Operasional terminal ini berkaitan dengan pelonggaran aturan pembatasan moda transportasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
"Terminal Pulo Gebang saja untuk Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Hanya satu terminal itu aja yang beroperasi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Senin, 11 Mei 2020.
 
Menurut dia, walau diperbolehkan beroperasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tetap menerapkan aturan protokol kesehatan terkait virus korona (covid-19). Selain itu, tetap ada pembatasan jam operasional dari bus yang beroperasi di terminal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bus antarkota antarprovinsi (akap) hanya beropersi lima jam dari pukul 13.00-18.00 WIB. Evaluasi penerapan akan dilakukan seiring dengan berjalannya aturan baru ini. Syafrin berharap kepadatan penumpang tidak terjadi setelah terminal dibuka.
 
Syafrin juga menyebutkan Dishub sudah menyosialisasikan pada para perusahaan dan operator bus terkait jenis penumpang yang boleh naik bus. Kondisi ini berlaku baik untuk penumpang masuk atau ke luar Jakarta.
 
Kriteria penumpang meliputi warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari luar negeri, warga yang memiliki anggota keluarga meninggal, warga sakit berat dan perlu dirujuk ke RS lain, dan pejabat negara atau aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki surat tugas. Dokumen dan persyaratan akan dicek ulang saat penumpang memasuki kabin bus.
 
Hanya Terminal Pulo Gebang yang Beroperasi di Jabodetabek
 
Baca: Penumpang Terminal Tanjung Priok Dialihkan ke Pulo Gebang
 
"Kemudian, disampaikan ke Dishub untuk dilakukan pengecekan, pada saat penumpang akan check in, itu kita sudah terkonfirmasi surat-surat yang ada," jelas Syafrin.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif