Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menggelar rapid test (tes cepat) massal dan swab reaksi berantai polimerase (PCR) di Pasar Induk Kramat Jati. Medcom.id/Zaenal Arifin
Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menggelar rapid test (tes cepat) massal dan swab reaksi berantai polimerase (PCR) di Pasar Induk Kramat Jati. Medcom.id/Zaenal Arifin

Rapid Test Massal dan Swab PCR Digelar di Pasar Kramat Jati

Nasional dki jakarta Virus Korona PSBB
Zaenal Arifin • 15 Mei 2020 18:05
Jakarta: Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menggelar rapid test (tes cepat) massal dan swab reaksi berantai polimerase (PCR) di Pasar Induk Kramat Jati. Tes massal digelar setelah empat pedagang pasar dinyatakan positif covid-19.
 
"Kami dapat informasi ada pasien yang memang terkonfirmasi dan dirawat di RS (rumah sakit) rujukan (covid-19). Ada empat pedagang yang terkonfirmasi," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara di Pasar Induk Kramat Jati, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Sebanyak empat pasien itu dirawat di RS rujukan pasien covid-19. Mereka masih tercatat warga DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum tes, petugas puskesmas lebih dulu melakukan penelusuran anggota keluarga empat pedagang tersebut. Anggota keluarga empat pedagang tersebut diminta menjalani isolasi mandiri dan sudah dites swab PCR.
 
Baca: Positif Covid-19 di DKI 5.679 Kasus
 
"Makanya kita juga berupaya melakukan tracing kontak aktivitas mereka di tempat sebelumnya, yaitu di Pasar Induk Kramat Jati. Untuk mengatasi penularan lebih luas," ujarnya.
 
Saat mendaftar pedagang dan pegawai pasar diminta memberitahukan apa mengalami gejala terjangkit covid-19. Mereka juga diminta berterus terang apakah pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif covid-19 atau tidak.
 
Inda menuturkan tujuannya agar tim medis dapat mengambil langkah antisipasi guna mencegah penularan covid-19 meluas.
 
"Spesimen swab-nya dikirim ke Labkesda DKI Jakarta, hasilnya keluar sekitar tiga hari. Untuk hasil rapid test-nya kita sampaikan secara online, lewat WhatsApp," tuturnya.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif