Penyekapan. Ilustrasi Medcom.id
Penyekapan. Ilustrasi Medcom.id

Polisi Ungkap Kasus Penyekapan oleh Debt Collector

Nasional penyekapan
Zakaria Habib • 28 Oktober 2019 23:53
Jakarta: Polres Metro Jakarta Barat menangkap delapan orang tersangka terkait kasus penyekapan Direktur Utama PT Maxima Interindah Hotel Engkos Kosasih.
 
Delapan tersangka tesebut antara lain berinisial AB, AR, JR, MR, HN, FR, FL, dan FD. Adapun beberapa tersangka lain masih buron yakni AN, MS, ON, dan JM.
 
Dari hasil penyelidikan polisi, bos debt collector sekaligus Dirut PT Hai Sua Jaya Sentosa, AB, diketahui memaksa korban EK untuk menandatangani perjanjian bunga utang karena waktu pembayaran yang sudah melewati tempo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tersangka AB memaksa EK untuk menandatagani perjanjian hitam di atas putih atas kenaikan biaya utang dari Rp100 juta menjadi Rp250 juta karena keterlambatan pembayaran selama 5 hari.
 
Selain mengintimidasi korban EK, para debt collector juga mengancam dan melakukan kekerasan pada beberapa karyawan hotel Grand Akoya Taman Sari Jakarta Barat tempat mereka melakukan penyekapan.
 
"Beruntung ada salah satu karyawan yang berhasil melarikan diri dan melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Metro Jakarta Barat," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Edy mengingatkan masyarakat untuk tidak ragu melaporkan perlakuan yang mengancam dari debt collector. Ia juga mengingatkan perusahaan yang bergerak di jasa penagihan utang untuk tidak bertindak melanggar hukum dalam pekerjaannya.
 
"Pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa penagih utang agar tidak main hakim sendiri, jika tidak kami akan berikan tindakan tegas," kata Edy.
 
Dari penangkapan tersangka Polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil, 3 unit sepeda motor, 7 unit ponsel, surat perjanjian, dan company profile PT Hai Sua Jaya Sentosa.
 
Atas perbuatan tersebut para pelaku dijerat Pasal 333 KUHP tentang merampas kemerdekaan orang lain.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif