Antisipasi Banjir, Warga Kedoya Evakuasi Barang Berharga

Nur Azizah 13 Oktober 2018 15:24 WIB
banjir jakarta
Antisipasi Banjir, Warga Kedoya Evakuasi Barang Berharga
Warga Kedoya RW 05 Kedoya Selatan, Suharti. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan datang pada November dan Desember mendatang. Kendati masih satu bulan lagi, sebagian warga RW 05, Kelurahan Kedoya Selatan, Jakarta Barat, mulai berkemas.
 
Warga RT 04, RW 05, Kedoya Selatan, Suharti mulai memindahkan barang-barang berharganya ke para-para. Para-para adalah tempat penyimpanan barang yang terletak di atas atap. Umumnya, para-para terbuat dari kayu.
 
"Kalau menjelang musim hujan sudah siap-siap. Semua kita pindahin, seperti televisi, kulkas, mesin cuci, lemari, pakaian, semua ke atas. Karena takut terendam," kata Suharti saat ditemui Medcom.id di kediamannya, Sabtu, 13 Oktober 2018.
 
RW 05 Kedoya Selatan menjadi salah satu permukiman langganan banjir. Sebab, wilayah itu berdekatan dengan Kali Pesanggrahan dan Kali Cengkareng Drain.
 
Suharti cerita, tempat tinggalnya sudah terkenal dengan banjir. Jika hujan cukup lama, air langsung meluap.  Namun dia mengakui sejak kepemimpinan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, banjir tak terlalu tinggi. Selain itu, banjir juga cepat surut.
 
"Biasanya dulu sampai satu setengah meter. Sampai cape membersihkan rumah. Sekarang sudah agak berkurang setelah ada pengerukan," katanya.

Baca: DPRD DKI Desak Anies Normalisasi Sungai

Kendati begitu, Suharti tetap siaga mengantisipasi hujan deras disertai limpahan air dari Bogor.
 
Hal serupa diungkapkan Marcelina, warga Kedoya ini juga sudah siap menghadapi musim hujan. Barang-barang elektronik sudah disimpan di atas para-para. Begitu juga dengan surat-surat berharga lainnya.
 
"Kalau banjir kita taruh barang-barang di atas. Barang yang disimpan lemari, kulkas, pokoknya barang-barang elektronik lainnya," kata Marcelina.




(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id