Ilustrasi BPJS Kesehatan. (FOTO: ANTARA/Kornelis)
Ilustrasi BPJS Kesehatan. (FOTO: ANTARA/Kornelis)

Dinkes DKI Pastikan Pasien BPJS Dilayani

Nasional bpjs kesehatan
Putri Anisa Yuliani • 07 Januari 2019 11:50
Jakarta: Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khafifah Any memastikan RSUD dan swasta di ibu kota siap melayani pasien yang dijamin BPJS Kesehatan. Pada 4 Januari 2019 Kemenkes resmi merekomendasikan kembali 19 RS tersebut untuk menjalin kerja sama dengan BPJS.

"Perlu waktu bagi BPJS untuk menindaklanjuti proses kerja sama dengan RS. Mudah-mudahan pekan ini sudah lancar semuanya," kata Khafifah saat dihubungi Media Indonesia, Minggu, 6 Januari 2019, malam.

Dari total 169 RSUD dan swasta yang diputuskan diperpanjang kerja sama dengan BPJS, sebanyak 19 di antaranya berada di DKI Jakarta. Yakni, RSUD Kebayoran Lama, RSUD Jatipadang, RS Jakarta, RS Yadika Pondok Bambu, dan RSIA Sayyidah Dompet Dhuafa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pihaknya pun sudah meminta kepada BPJS Kesehatan untuk segera menindaklanjuti surat edaran Kemenkes tersebut.

Menurutnya, belum ada ketentuan sanksi yang bisa diberikan kepada RS yang tidak segera melayani pasien BPJS. Sebab, bentuk pelayanan yang diberikan merupakan kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan RS. "Jika memang RS terdekat belum mendapatkan pemberitahuan dari BPJS, maka masyarakat diharap tenang. Karena itu hanya sementara dan berobat di RS lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, 169 RSUD dan swasta di seluruh Indonesia termasuk yang berlokasi di DKI Jakarta diputuskan kerjasamanya Kementerian Kesehatan dalam melayani pasien BPJS. Pemutusan kerja sama karena belum dapat memenuhi akreditasi sebagai syarat perpanjangan kerja sama. Akibat pemutusan tersebut, pasien BPJS tidak dilayani di 169 RSUD dan swasta itu.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi