Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona

84 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

Nasional Mudik Lebaran DKI Jakarta Virus Korona pandemi covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Mei 2021 16:21
Jakarta: Puluhan pemudik yang kembali ke Jakarta positif covid-19. Hal itu berdasarkan pemeriksaan swab antigen terhadap 15.024 pemudik di sejumlah perbatasan Ibu Kota pada Minggu, 16 Mei hingga Senin, 17 Mei 2021.
 
“Yang positif 84 orang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Mei 2021.
 
Yusri mengatakan puluhan orang itu kini sedang isolasi. Sebanyak 46 pemudik isolasi mandiri, 33 pemudik dirujuk ke Wisma Atlet, dan lima pemudik dirujuk ke fasilitas kesehatan lain sesuai kartu tanda penduduk (KTP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Contoh di Tangerang, ada dua yang dinyatakan positif di Kabupaten Tangerang, kita sarankan isolasi di tempat yang disiapkan kantor Bupati Tangerang,” papar dia.
 
Baca: 46 Penumpang Bus AKAP di Jakarta Reaktif Covid-19
 
Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta pemudik yang kembali ke Jakarta membawa surat bebas covid-19. Jika tidak, pemudik wajib menjalani swab antigen.
 
"Anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas covid-19, mereka (petugas) akan memaksa Anda untuk melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis," ujar Fadil dalam video yang diunggah akun Twitter, @TMCPoldaMetro, Senin, 17 Mei 2021.
 
Fadil menyebut sejumlah pos penyekatan telah disiapkan untuk memeriksa pemudik. Ia memastikan pemudik tidak dapat lolos dari pemeriksaan petugas.
 
"Kalau anda lolos di pos penyekatan ini, Anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Karena seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkamtibmas itu akan datang," kata dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif