Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

DPRD DKI Bakal Buat Perda Inisiatif Terkait Sanksi PSBB

Nasional Virus Korona dprd dki jakarta PSBB
Cindy • 19 September 2020 01:20
Jakarta: DPRD DKI Jakarta berencana membuat peraturan daerah (Perda) terkait sanksi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II. Sanksi yang berlaku saat ini dinilai sangat lemah.
 
"DPRD akan membuat perda PSBB melalui jalur inisiatif DPRD DKI Jakarta. Bukan usulan eksekutif," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, saat dihubungi, Jumat, 18 September 2020.
 
Menurut dia, ada tiga aturan soal PSBB yang belum berjalan maksimal. Yakni Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020, Pergub DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020, dan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


DPRD DKI lewat Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) segera membuat perda inisiatif. Dasar hukum yang dipakai untuk pembentukan perda terdapat dalam Pasal 239 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
 
"Di situ mengatur jelas mengenai pembentukan perda berdasarkan inisiatif di luar propemperda karena keadaan luar biasa atau berstatus darurat," ujar Prasetyo.
 
Baca: Perkantoran hingga Hotel di DKI Disidak
 
DPRD DKI juga kecewa dengan Pemprov DKI karena tidak pernah diajak berunding selama pembentukan kebijakan PSBB. Padahal, Dewan mitra eksekutif dalam mengambil dan memutuskan kebijakan.
 
"Apalagi ini berhubungan langsung dengan masyarakat dan demi keselamatan, kesehatan masyarakat di masa pandemi seperti ini," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif