Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Parkiran Ojek Daring Bakal Ditertibkan

Nasional ojek online
Theofilus Ifan Sucipto • 07 Agustus 2019 17:56
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal menertibkan tempat parkir ojek daring. Pasalnya, masih banyak pengemudi yang parkir sembarangan.
 
"Dishub bersama dengan kepolisian akan melakukan penindakan dan penegakan hukum terhadap ojol (ojek daring) yang mengooptasi ruas jalan," kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Menurut dia, sopir ojek daring kerap menggunakan jalan di sekitar halte bus TransJakarta dan pusat perbelanjaan. Hal itu mengganggu lalu lintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dishub DKI akan menjalankan sejumlah skema demi mengatasinya. Pertama, Dishub dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menggelar operasi lingkar badai.
 
"Kami yang melingkar di Kawasan Sudirman-Thamrin atau Merdeka Barat menggebah para ojek online untuk tidak parkir di lokasi-lokasi atau pusat kegiatan tadi sehingga mereka akan didorong untuk keluar dari titik yang menyebabkan kemacetan," tutur Syafrin.
 
Baca: Aplikator Transportasi Online Perlu Utamakan Layanan bagi Konsumen
 
Untuk jangka pendek, Dishub DKI bakal berkoordinasi dengan pengembang aplikasi, Gojek dan Grab, untuk menyediakan lahan parkir. Lokasi ini rencananya disediakan di kawasan yang ramai penumpang.
 
Syafrin menamakan lahan itu dengan buffer zone. Sistemnya, pengemudi ojek daring menunggu di buffer zone sampai mendapat pesanan dari penumpang lalu meninggalkan zona tersebut.
 
"Dengan pola ini kami harapkan tidak ada lagi ojol yang mengooptasi badan jalan. Dalam konteks ini, perlu peran serta dan aktif dari seluruh elemen masyarakat dari perusahaan aplikasi maupun penyedia ruang parkir," ucap Syafrin.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif