Kemenhub Buka Posko Pungli Selama Mudik
Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto - foto: Nena Tenda.
?Jakarta: Maraknya pungutan liar jelang lebaran di jalan banyak dikeluhan oleh masyarakat. Untuk itu, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menindak tegas pungli.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto menyebut, masyarakat tak perlu takut. Sebab, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP, Polisi dan aparat Pemda untuk menyediakan posko pengaduan pungli. 

“Posko akan ada di area strategis seperti terminal dan ruas jalan," ungkap Pandu, dalam Diskusi Polemik Mudik Asik, di Warung Daun, Sabtu, 2 Juni 2018.


Pandu menyebut, masyarakat yang kerap diminta duit oleh preman baik di terminal maupun di pelabuhan bisa langsung mengadukan ke posko yang telah tersedia. Pihaknya juga membuka pengaduan melalui online.  

(Baca juga: Jokowi Perintahkan Kapolri Selesaikan Masalah Pungli)

Dia memahami pungli adalah salah satu momok bagi pemudik yang turun di terminal. Terlebih, jika menumpang sampai dini hari dan tidak ada kendaraan sambung yang tersedia.

Untuk itu, Pandu menyebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak pemda dan Perusahaan Otobus (PO) di sejumlah daerah untuk menyediakan servis tambahan berupa bus sambung ke kota maupun ke desa.



(Nena Tanda)



(REN)