Petugas PPSU yang bekerja tanpa masker di tengah wabah virus korona. Medcom.id/Yurike Budiman
Petugas PPSU yang bekerja tanpa masker di tengah wabah virus korona. Medcom.id/Yurike Budiman

Petugas PPSU Berjibaku di Tengah Wabah Korona

Nasional Virus Korona pemprov dki
Yurike Budiman • 28 Maret 2020 12:06
Jakarta: Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) tetap bekerja di tengah wabah virus korona. Mereka berjibaku merawat Ibu Kota walau tak dimodali peralatan khusus yang mampu mencegah virus korona (covid-19).
 
Hadijah, 42, petugas PPSU Kelurahan Sunter Jaya, mengaku mendapat alat pelindung diri (APD) sebelum bekerja. APD tersebut berupa masker dan sarung tangah.
 
"Masker yang dikasih itu yang seperti dijual di apotek, yang warna hijau ada putihnya (masker bedah). Itu sekali pakai buang, jadi tiap kita mau kerja, dipanggil satu kelompok terus dibagikan masker satu-satu," terang Hadijah saat ditemui Medcom.id di Jalan Danau Permai Raya, Jakarta Utara, Sabtu, 28 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Hadijah mengaku tak selalu menggunakan masker. Ia hanya memakai masker sesekali saaat dirasa perlu. Nafas terasa sulit, begitu dia beralasan.
 
"Tapi tadi sempat pakai. Kalau dari kantor (kelurahan) nih saya pakai. Nanti kalau sudah enggak nyaman, saya lepas. Kalau naik motor saya pakai lagi," ujarnya.
 
Hadijah tak khawatir terjangkit virus korona walau tanpa peralatan khusus. Dia mengakui sudah terbiasa menyapu jalan dan bersinggungan dengan sampah tiap hari. Ini sudah menjadi tanggung jawabnya.
 
"Saya sebagai PPSU yang berkutat sama sampah dan kuman, kalau sama korona saya enggak takut, yang penting kita jaga kebersihan, harus rajin cuci tangan," tuturnya.
 
Riyan, 27, petugas PPSU Kelurahan Semper Timur, juga tak selalu menggunakan masker saat beraktivitas. Itu pun tanpa peralatan khusus di tengah merebaknya wabah korona.
 
"Saya biasa pakai buff saja. Ya kadang dipakai, kadang enggak. Kalau seragam sih masih baju yang seperti biasa kita kerja. APD khusus buat korona mah enggak ada," kata Riyan.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif