Sejumlah pengendara tak memakai masker selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. Medcom.id/Christian
Sejumlah pengendara tak memakai masker selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. Medcom.id/Christian

275 Pelanggar PSBB di Jakarta Dapat Teguran saat Lebaran

Nasional dki jakarta Virus Korona PSBB
Cindy • 25 Mei 2020 12:56
Jakarta: Jumlah pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta menurun signifikan pada Lebaran 2020. Pelanggar yang mendapat teguran berkurang hampir setengah dari jumlah surat teguran di hari sebelumnya.
 
"H-1 Lebaran (Sabtu, 23 Mei 2020) mencapai 479 teguran kemudian menurun pada Minggu, 24 Mei 2020, menjadi 275 teguran," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin, 25 Mei 2020.
 
Pelanggar kebanyakan mengaku lupa menggunakan sarung tangan saat berkendara dengan jumlah 105 teguran. Disusul pelanggaran tidak menggunakan masker dengan 82 teguran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di peringkat ketiga, pelanggaran jumlah penumpang melebihi 50 persen kapasitas kursi mencapai 50 teguran. Lalu 32 teguran bagi pengendara dan penumpang kendaraan roda dua tidak satu alamat sesuai KTP.
 
"Kemudian empat teguran terkait jarak penumpang dan dua teguran terhadap ojek online membawa penumpang," ucap Sambodo.
 
Baca: 71 Ribu Warga Jakarta Langgar PSBB
 
Kepolisian tidak punya hak untuk memberi sanksi denda maupun sanksi sosial. Pemberian sanksi sesuai Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 menjadi wewenang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Kepolisian dalam hal penegakan PSBB, hanya sebagai pendamping guna mengantisipasi pelanggar yang mencoba melawan petugas. Pelanggar yang melawan petugas bisa diberi sanksi pidana.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif