Robot penyemprot air milik Pemprov DKI. Foto: Medcom.id/Yanti Nainggolans
Robot penyemprot air milik Pemprov DKI. Foto: Medcom.id/Yanti Nainggolans

DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran

Nasional dki jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 13 Februari 2020 13:39
Jakarta: Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta menguji coba dua unit robot pemadam kebakaran (damkar). Kedua robot dibeli dengan total harga Rp40 miliar.
 
"Anggaran (robot) pengurai sekitar Rp32 miliar, kemudian LUF60 sekitar Rp8 miliar," kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Kedua robot tersebut memiliki perbedaan fungsi. Pertama yakni robot pengurai material kebakaran MVF5-U3 dari Kroasia dan robot penghisap asap ukuran kecil LUF60 dari Austria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satriadi menjelaskan bahwa harga tersebut tinggi karena robot bergaransi lima tahun. Harga tersebut sudah termasuk suku cadang yang saat ini berada di area Ciracas.
 
"Cadangan ini digunakan apabila ada masalah," imbuh dia.
 
DKI Uji Coba Robot Pemadam Kebakaran
Robot penyedot asap milik Pemprov DKI. Foto: Medcom.id/Yanti
 
Menurut dia, sarana prasarana di Jakarta meningkat, terutama ada moda transportasi MRT dan LRT. Konsekuensinya, diperlukan alat yang mumpuni untuk mengatasi bahaya kebakaran lebih efektif.
 
Selain bisa menjangkau lokasi kebakaran lebih cepat, kedua robot tersebut juga meningkatkan keselamatan petugas. Pasalnya, robot bisa dikontrol dari jarak jauh.
 
Ada remote dengan jangkauan kontrol 500 meter hingga 1 kilometer. Sementara itu, robot menggunakan baterai dengan daya tahan enam jam.
 
"Jadi minimal risiko bagi petugas saat penanganan operasional untuk nyawa mereka," tambah dia.
 
Satriadi menyebut 12 petugas damkar sudah dilatih oleh pihak Kroasia untuk memelihara dan mengendalikan kedua robot tersebut. Empat petugas sudah berlisensi internasional untuk memegang remot kontrol.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif