Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

RS Mulai Penuh Lagi

Nasional Virus Korona Rumah Sakit
Media Indonesia • 13 Agustus 2020 06:36
Jakarta: Tingginya warga DKI Jakarta yang terinfeksi virus korona (covid-19) membuat daya rumah sakit kembali penuh. Per Selasa, 11 Agustus, masih ada 2.548 orang yang dirawat karena covid-19, sedangkan 6.236 orang menjalani isolasi mandiri.
 
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan mengakui banyak menolak pasien covid-19. Pasalnya, pasien yang dirawat telah melebihi kapasitas daya tampung.
 
“Sudah dua minggu ini overload pasiennya," ungkap dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan kepada Media Indonesia di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan penghuni yang overload karena kasus positif covid-19 di Jakarta yang tiap hari meningkat. Erlina menegaskan tidak akan memulangkan pasien yang memang belum dipastikan sehat dari penyakit menular itu.
 
"Kasihan kan kalau dipaksakan (pulang). Kami sangat concern dengan pertambahan kasus ini, ya,” kata Erlina.
 
Erlina menyebut bed occupancy rate (BOR) atau persentase penggunaan tempat tidur RSUP Persahabatan sudah maksimal. Total ada 187 unit kamar tidur. Tempat tersebut dibagi untuk dewasa, anak-anak, dan ibu hamil. Pihaknya menyisakan kamar tidur untuk keperluan darurat.
 
“Memang tidak penuh 100%. Kalaupun kosong 10, tapi jatahnya ibu hamil, kan enggak bisa dikasih ke anak-anak untuk dirawat atau yang kosong kamarnya dari bangsal anak, yang dewasa enggak bisa masuk,” kata Erlina.

 
Halaman Selanjutnya
Di sisi lain, Wakil Gubernur…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif