Peserta Pertemuan IMF-WB Mencapai 34 Ribu

Lukman Diah Sari 07 Oktober 2018 06:46 WIB
imf-world bank
Peserta Pertemuan IMF-WB Mencapai 34 Ribu
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (MI/Marcel Kelen)
Denpasar: Jumlah peserta pertemuan tahunan IMF-WB 2018, di Bali, semakin meningkat menjadi 34.000. Angka tersebut jauh di atas perkiraan, yakni 19.000 orang. 

“Sekarang peserta sudah lebih dari 34 ribu, kita perkirakan tadinya hanya 19.000,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitansaat, saat memberikan arahan ke 560 orang Liaison Officer (LO) di Bali, pada Sabtu, 6 Oktober 2018. 

Berdasarkan data tanggal 6 Oktober 2018, pukul 17.55 WITA, tercatat 13.664 orang mendaftar melalui jalur Meeting Team Secretariat (MTS) dari pihak IMF-WB. Sedangkan pendaftar dari jalur Indonesia Planning Team sebanyak 20.556 orang berdasarkan data di hari yang sama pukul 14.10 WIB. Sehingga total terdapat 34.220 peserta.


"Ini momen yang bagus sekali buat kita untuk mempromosikan Indonesia. Tugas kalian (LO) adalah meyakinkan mereka bahwa Indonesia adalah negara yang besar,” pesan Luhut.

Luhut meminta, para LO untuk menyampaikan cara kerja pemerintah yang terintegrasi dalam menangani berbagai persoalan. Mulai dari penanganan bencana alam hingga ekonomi. Dia mengungkap, Indonesia mendapat pujian dari  Managing Director IMF  Christine Lagarde soal penangana ekonomi. 

"Karena kalian kompak, karena Presiden-mu memberikan contoh yang bagus, memberikan satu contoh pada negara-negara emerging market lain bagaimana Presiden yang sederhana, tidak ada bisnis dengan pemerintah, fokus pada pekerjaannya, dan memiliki team work yang bagus," jelasnya.

Khusus mengenai persiapan penyelenggaraan rapat IMF-WB di Nusa Dua Bali, Lagarde juga mengapresiasi. Luhut menuturkan, Lagarde sangat kagum lantaran Indonesia bisa mengelola rapat dengan bagus.

"Belum pernah sepanjang karir saya melihat ada persiapan penyelenggaraan begini besar,” ungkapnya. 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id