The Jakarta Mass Rapid Transit project (Photo:MI/Pius Erlangga)
The Jakarta Mass Rapid Transit project (Photo:MI/Pius Erlangga)

Kartu Jelajah MRT Disebut Lebih Unggul

Nasional mrt
Kautsar Widya Prabowo • 23 Maret 2019 04:22
Jakarta: Moda Raya Terpadu (MRT) dalam waktu dekat akan diberlakukan tarif komersil untuk masyarakat. Agar mempermudah penggunaan transportasi baru tersebut, masyarakat dihimbau menggunakan kartu khusu MRT bernama kartu jelajah.
 
Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan bahwa kartu jelajah diklaim memiliki keunggulan dibandingkan dengan kartu elektronik lainya. Fungsi spesialnya yakni dapat mempercepat mobilitas masyarakat ketika melakukan tap inkartu untuk masuk gerbang stasiun.
 
"Untuk kartu yang lain akan lebih lambat satu sampai dua detik, kalau pakai jelajah MRT dibawah satu detik, 70 kartu dalam satu menit," ujarnya di Kantor MRT, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dengan menggunakan kartu jelajah turut mendukung terjadinya integrasi moda transportasi yang ada di Jakarta. Lantaran kartu jelajah masuk dalam program Jak Lingko yang mengintegrasikan tranportasi dibawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
"Penting dicatat bagian dari Jak Lingko, kita bagian dari integrasi ticketing," tuturnya.
 
Kartu jelajah MRT sendiri hadir dengan dua tampilan kartu, yaitu kartu singel trip dan kartu multitrip. Saat ini pihak MRT menyediakan 490 ribu kartu singel trip dengan harga Rp15 ribu. Sedangkan kartu multi trip tersedia sebanyak 300 ribu dengan harga Rp25 ribu.
 
kartu singel trip hanya dapat digunakan satu sekali perjalan untuk tap in dan tap out. Tiket berlaku di hari yang sama dengan waktu pembelian. Proses tap in digunakan di stasiun pembelian.
 

"Tap outdilakukan di stasiun tujuan atau stasiun sebelumnya, dengan tarif di tiket terpakai atau tidak ada pengembalian setelah dilakukan penyelesaian tarif," imbuhnya.
 
Sedangkan kartu multitrip saldo harus minimal sebesar tarif minum. Pada saat tap out tiket, pengguna tiket harus memiliki saldo minimal sebesar tarif perjalanan.
 


 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif