Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Gempa di Solok Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Nasional gempa
Theofilus Ifan Sucipto • 28 Februari 2019 07:58
Jakarta: Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diminta tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak benar.
 
“Gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang Irwan Slamet dalam keterangan tertulis, Kamis 28 Februari 2019.
 
Irwan menyebut meski ada gempa susulan pukul 02.44 WIB, pihaknya belum menerima laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gempa tektonik berkekuatan 4,8 SR terjadi di Solok Selatan pada Kamis dini hari pukul 01.55 WIB. Lokasi gempa berada di 19 kilometer (km) sisi barat daya Kabupaten Solok Selatan.
 
Koordinat gempa terletak di 1,59 Lintang Selatan dan 101,27 Bujur Timur. Kedalaman gempa berada 11 km di bawah permukaan laut. Gempa dirasakan pada skala Modified Mercally Intensity (MMI) II-III di wilayah Solok Selatan.
 
Skala II-III MMI merupakan gempa yang dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca hanya bergetar.
 
Gempa terjadi akibat aktivitas sesar Sumatera, khususnya segmen Sianok yang memanjang dari sisi timur Danau Singkarak melewati sisi barat daya Gunung Merapi hingga Ngarai Sianol sepanjang 90 kilometer (km). Selain itu segmen ini memiliki kecepatan pergeseran 23 milimeter per tahun dengan tipe pergeseran mendatar (strike-slip).
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif