Petugas UPK Badan Air Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta membersihkan sampah Kali Sentiong di Kelurahan Galur, Jakarta Pusat. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Petugas UPK Badan Air Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta membersihkan sampah Kali Sentiong di Kelurahan Galur, Jakarta Pusat. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Nabung Sampah Bisa Vakansi ke Luar Negeri

Nasional sampah
Antara • 11 Juli 2019 10:08
Jakarta: Majelis Taklim Bank Sampah Kecamatan Koja, Jakarta Utara, mencetuskan ide cemerlang untuk mengajak warga mengurangi volume sampah. Warga yang mengumpulkan sampah anorganik bisa menukarnya dengan liburan ke tiga negara.
 
"Banyak terobosan memang kita buat, program ini satu di antaranya," kata Ketua Majelis Taklim Bank Sampah Kecamatan Koja, Sholihin alias Gus In, di Bank Sampah Kecamatan Koja, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Menurut dia, inovasi ini dibuat untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan. Publik diminta peduli dengan masalah sampah di lingkungan sekitar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara mengikuti program tukar sampah dengan liburan ke tiga negara ini pun cukup mudah. Pertama, warga harus lebih dulu menjadi nasabah dan kemudian menabungkan sampah anorganik hingga senilai Rp5,7 juta.
 
Ketika nilai sampah yang ditabung sudah mencapai jumlah yang ditetapkan, nasabah berhak mengikuti program liburan ke tiga negara: Malaysia, Singapura, dan Thailand. Liburan akan diselenggarakan selama enam hari.
 
Baca: Walhi Minta Pemerintah Berlakukan Aturan Stop Impor Sampah
 
"Alhamdulillah program ini telah berjalan, dan sudah memberangkatkan sebanyak 40 nasabah di gelombang pertama kemarin," papar dia.
 
Program tukar sampah Bank Sampah Kecamatan Koja ini tidak hanya memfasilitasi tiket pesawat. Akomodasi lainnya seperti penginapan selama vakansi di tiga negara tersebut sudah termasuk ke dalamnya.
 
Majelis Taklim Bank Sampah Kecamatan Koja sebelumnya memiliki program sedekah sampah. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membangun masjid yang ada di sekitarnya.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif