Sandi Targetkan Angka Kemiskinan Turun 1 Persen
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno--Medcom.id/Lis Pratiwi
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno ingin menurunkan angka kemiskinan sebesar 1 persen selama lima tahun. Ia mengaku sudah memiliki cara untuk mencapai target tersebut.

"Kita punya komitmen untuk menurunkan angka kemiskinan. Dan keinginan kita juga untuk ada satu game changer dan itu adalah adalah program OK OCE," kata Sandi di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Mei 2018.

Hal ini lantaran program OK OCE menyasar ke warga dengan level prasejahtera. Untuk menurunkan angka kemiskinan satu persen dibutuhkan sekitar 200 ribu lapangan pekerjaan.


"Sehingga dengan dorongan program OK OCE akan tercipta lapangan kerja, peluang usaha. Jadi kita harapkan 200 ribu lapangan pekerjaan bisa tercipta dalam lima tahun," ungkapnya.

Baca: Jumlah Penduduk Miskin Cenderung Stagnan

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menyatakan, selama 10 tahun terakhir angka kemiskinan di Jakarta mengalami stagnasi, selalu di angka 3,78 persen. Berbeda dengan Surabaya dan Yogyakarta yang mengalami penurunan.

"Kita harapkan semua program Pemprov tepat sasaran dan manfaat. Jadi 1 persen ini tadinya ya semua agak pesimistis jadi bisa tercapai," pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Thoman Pardosi mengatakan, ada dua cara untuk memperkecil angka kemiskinan. Pertama, program pengentasan kemiskinan harus sesuai sasaran dan kedua, penerima program harus dilakukan dengan baik.




(YDH)