Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANT/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi uji emisi kendaraan. ANT/Aditya Pradana Putra

Aturan Wajib Emisi Kendaraan Diminta Ditunda

Nasional dki jakarta uji emisi Uji Emisi Kendaraan
Sri Yanti Nainggolan • 23 Januari 2021 09:13
Jakarta: Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta meminta penerapan aturan kewajiban uji emisi kendaraan bermotor ditunda. Sebab, jumlah kendaraan yang menjalani uji tersebut masih sedikit.
 
"Paling tidak 400 ribu mobil dan 1,4 juta motor sudah uji emisi, itu pun 10 persen hitungan yang sangat minimal," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Eneng Malianasari dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Eneng juga mengkritisi minimnya sosialisasi dan pelaksanaan uji emisi. Ia menyarankan layanan uji emisi gratis diberikan secara permanen sepanjang tahun sebagai kompensasi dari aturan baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uji emisi gratis harus ada terus, tidak hanya sampai 28 Januari besok, harus dibuka sepanjang tahun karena masa transisi 6 bulan kemarin masih belum cukup," saran dia.
 
(Baca: Mau Mobil Anda Lulus Uji Emisi? Ini Triknya)
 
Eneng juga menilai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor masih kurang matang. Ia menyoroti Pasal 17 yang menyebut Pemprov DKI akan mengenakan disinsentif berupa pengenaan tarif parkir tertinggi di DKI Jakarta bagi pemilik kendaraan bermotor dengan usia tiga tahun ke atas yang tidak melakukan uji emisi atau tidak memenuhi ketentuan ambang batas emisi gas.
 
Dia menilai pasal itu tidak menjelaskan teknis pengenaan tarif parkir tertinggi. Pasal juga tak menjelaskan cara pengelola parkir dapat mengenakan tarif tertinggi pada kendaraan.
 
"Masih banyak hal-hal teknis yang harus diperjelas agar pergub ini tidak hanya menjadi gimmick saja. Oleh karena itu sebaiknya Pemprov DKI tidak usah terburu-buru," ucap dia.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera menerapkan aturan kewajiban uji emisi kendaraan bermotor pada 24 Januari 2021. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat baru 13.019 unit kendaraan menjalani uji emisi sepanjang 2020. Sementara itu, total kendaraan di Ibu Kota mencapai 4,1 juta mobil dan 14 juta unit motor.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif