Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi. Foto: Faisal Abdalla/Medcom.id
Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi. Foto: Faisal Abdalla/Medcom.id

Perusuh di Petamburan Bukan Warga DKI

Nasional kerusuhan Demo Massa Penolak Pemilu
Faisal Abdalla • 22 Mei 2019 12:48
Jakarta: Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi menyebut perusuh di Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta Barat, bukan warga DKI Jakarta. Sebanyak 99 orang yang diduga sebagai provokator dari kerusuhan itu sudah ditangkap.
 
"Pada siang hari ini kita bisa mengamankan 99 orang, sekarang sedang diperiksa di Polres Jakarta Barat dan sebagian juga ada diamankan di Polda untuk didalami. Yang jelas untuk sementara kami simpulkan bahwa ini bukan dari Jakarta," kata Hengky di Jalan KS Tubun, Jakarta Barat, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Massa yang membuat ricuh itu berasal dari beberapa daerah, seperti Tasikmalaya, Banten, hingga Flores. Massa yang ditangkap pun sudah dimintai keterangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hengki yakin massa tersebut bukan warga Petamburan. Apalagi, polisi dibantu warga sekitar dalam membubarkan massa, termasuk pihak Front Pembela Islam (FPI).
 
"Kami dibantu ulama dan tokoh-tokoh FPI dari Imam Besar FPI DKI. Juga bersama mereka," ujarnya.
 
Hengki juga menduga massa yang melakukan kericuhan di Asrama Brimob itu dibawah pengaruh alkohol. Pihaknya pun akan memeriksa para perusuh yang telah tertangkap.
 
"Sebagian besar tercium bau alkohol sehingga mereka cenderung berani dan sebagainya. Kami saat ini coba periksa urinenya. Pengalaman kami kalau hilang rasa takut, rasa empati itu pasti ada penyebabnya, apakah yang bisa menyebabkan stimulan halusinogen dan sebagainya," ujarnya.
 
Situasi terkini di Jalan KS Tubun, Jakarta, berangsur-angsur normal. Kendaraan roda dua sudah mulai bisa melintasi Jalan KS Tubun menuju Jalan Jatibaru Raya.
 
Sebelumnya, kerusuhan pecah di Asrama Brimob, Slipi, Jakarta Barat dini hari tadi. Massa bahkan membakar 11 kendaraan di sekitar lokasi. Aparat kepolisian dibantu TNI cukup kewalahan membubarkan massa.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif