Presiden meninjau progres pembangunan Bendungan Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Desember 2018. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan
Presiden meninjau progres pembangunan Bendungan Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Desember 2018. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan

Bendungan Penghalau Banjir Jakarta Rampung Akhir 2019

Nasional banjir jakarta
Dian Ihsan Siregar • 26 Desember 2018 14:19
Bogor: Pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi ditargetkan selesai akhir 2019. Kini, progres pembangunan kedua bendungan telah mencapai 15 persen dan 9 persen.

"Langkah pembangunan akan terus dikebut," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hari Suprayogi, saat meninjau Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Desember 2018. 

Saat ini, kata Yogi, pemerintah harus memangkas aliran sungai terlebih dahulu. Untuk itu, kementerian sedang membangun pengalih aliran sungai atau saluran pengelak (conduit). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Semua ini masih tahapan menggali konstruksi conduit di dua bendungan. Nanti jalan air dialirkan dulu ke conduit. Jika tanahnya sudah keras, baru kita bisa bangun bendungan," kata dia. Bendungan Sukamahi dan Ciawi masuk ke dalam 49 proyek bendungan baru yang sedang digenjot pemerintah.

Baca: Bendungan Ciawi Bisa Mengurangi 30% Banjir Jakarta

Pagi tadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Razhanul Ulum memantau langsung perkembangan pembangunan kedua bendugan itu.

Pembebasan lahan untuk kedua bendungan, kata Jokowi, telah mencapai 50 persen. Pemerintah membidik pembebasan lahan bisa selesai Januari 2019.

"Tinggal pembayaran. Tapi, saya kira progresnya terus berjalan. Tidak ada kendala pembebasan lahan. Tadi sudah disampaikan oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi," kata Jokowi.

Pembangunan bendungan, lanjut Jokowi, bermanfaat untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. Sehingga, tingkat banjir di Jakarta bisa berkurang. 

"Ini memang dikerjakan di hulu. Tetapi, di hilir juga harus berjalan. Di hilir banyak (yang harus dibenahi) seperti sodetan Ciliwung ke BKT, terus yang sekarang dikerjakan Pak Gubernur adalah membuat sumur resapan. Drainase dibersihkan," kata dia.




(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi