Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi anak di SMAN 20 Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021. Foto: Medcom.id/Christian
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi anak di SMAN 20 Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021. Foto: Medcom.id/Christian

Anies: 900 Gerai Vaksinasi Merdeka Tersedia Jangkau Warga

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia HUT ke-76 RI HUT 76 RI
Selamat Saragih • 02 Agustus 2021 05:47
Jakarta: Gerakan Vaksinasi Merdeka (GVM) mulai menjangkau tempat tinggal masyarakat. Vaksinasi GVM yang diluncurkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo berlangsung selama 1-17 Agustus 2021 untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI). 
 
"Menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta karena hadir di lokasi dekat mereka tinggal sehingga mudah diakses. Akan ada lebih dari total 900 gerai vaksin," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peluncuran GVM di Polda Metro Jaya, Minggu, 1 Agustus 2021.
 
Menurut dia, vaksin telah terbukti menurunkan risiko fatalitas jika seseorang terpapar virus korona. Meski tidak menjamin mencegah penularan, vaksin mampu mencegah terjadinya gejala berat dan risiko jika seseorang terpapar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies menjelaskan vaksinasi penting mengingat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersiap membuka kembali aktivitas masyarakat. Vaksinasi menjadi syarat penting saat pelonggaran pembatasan kegiatan diberikan. 
 
Baca: Kapolri Sebut Vaksinasi Merdeka untuk Merayakan HUT Kemerdekaan RI
 
"Sama seperti kita mewajibkan kendaraan roda dua. Mau ke jalan raya boleh, tetapi pakai helm. Apakah helm menghindari kecelakaan, tidak. Naik motor tetap harus mengikuti rambu lalu lintas, sama seperti pergi harus tetap ikuti protokol kesehatan. Tetapi bila terjadi kecelakaan, risiko terjadinya cedera berat di kepala jadi lebih kecil karena pakai helm," ungkap Anies. 
 
Dia mengajak warga Jakarta yang belum mendapat vaksin covid-19 mendatangi gerai yang disediakan Polda Metro Jaya. GVM yang melibatkan berbagai unsur relawan, seperti mahasiswa, dokter, perawat, dan organisasi kemasyarakatan ini akan menyasar hingga tiga juta warga DKI.


Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif