Tempat usaha pelanggar protokol kesehatan di Jakpus disegel petugas, Sabtu, 28 November 2020. Foto: Medcom.id/Christian
Tempat usaha pelanggar protokol kesehatan di Jakpus disegel petugas, Sabtu, 28 November 2020. Foto: Medcom.id/Christian

Polda Metro Gencarkan Razia Prokes, Restoran Bandel Bakal Ditutup

Nasional polri DKI Jakarta Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan
Kautsar Widya Prabowo • 15 Juni 2021 08:10
Jakarta: Polda Metro Jaya memastikan menindak tegas masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan (prokes). Razia prokes digencarkan pada malam hari. 
 
"Malam Minggu (12 Juni 2021) kita lakukan apel besar-besaran. Di sini kita melakukan razia-razia PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat), kita tegakkan lagi preventive strike," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 14 Juni 2021. 
 
Menurut dia, petugas tidak akan membiarkan kerumunan masyarakat. Tempat makan yang beroperasi melewati waktu yang telah ditentukan juga akan ditindak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Melonjak, Anies: Ini Gelombang Baru Covid-19, Tak Boleh Anggap Enteng
 
"Kalau melanggar prokes, restoran kita tutup semua walaupun yang dikedepankan adalah teman-teman dari Satpol PP karena kita menggunakan regulasi peraturan gubernur (pergub) dan peraturan daerah (perda),” tutur Yusri.
 
Ia menjelaskan tindakan tegas ini semata-mata untuk menekan angka penyebaran covid-19 yang meningkat pesat di Ibu Kota. Saat ini, angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet berada dalam kondisi mengkhawatirkan.
 
"Ketersediaan tempat tidur di Wisma Atlet hampir 10 persen," jelas dia.
 
Kasus covid-19 di Ibu Kota melonjak tajam beberapa hari terakhir. Kasus aktif pada 6 Juni 2021 mencapai 11.500, sedangkan pada 13 Juni 2021 menjadi 17.400. Dalam sepekan, ada peningkatan kasus aktif hingga 50 persen.
 
Positivity rate di Jakarta juga meningkat tajam. Pekan lalu positivity rate sembilan persen, sedangkan pada 13 Juni 2021 sudah mencapai 17 persen.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif