Ilustrasi DKI Jakarta/Medcom.id/Nur Ajijah
Ilustrasi DKI Jakarta/Medcom.id/Nur Ajijah

Sejumlah RT dan RW di Gambir Dihapus

Nasional jakarta DKI Jakarta Pemprov DKI Pemerintah Daerah
Christian • 21 April 2022 10:37
Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) menghapus beberapa rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). Sebanyak tiga RT dan satu RW di Kelurahan Duri Pulo, Gambir, dihapus.
 
"Penghapusan ini karena memang keberadaan RW dan RT tersebut sudah tidak memenuhi syarat. Kita juga mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 171 Tahun 2016 tentang pedoman RT/RW," ucap Asisten Pemerintah (Aspem) Pemkot Jakarta Pusat, Denny Ramdhany, di Kelurahan Duri Pulo, Kamis, 21 April 2022. 
 
Denny menjelaskan persyaratan wilayah menjadi RT harus terdiri atas 80-160 kepala keluarga (KK). Sementara itu, syarat terbentuknya RW minimal memiliki 8-16 RT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KNPI DKI Jakarta Puji Kemegahan JIS
 
"Hasil data Kelurahan yang melakukan inventarisasi di wilayah RW 06 tinggal tiga RT terdiri dari RT 1, 2, dan 5," kata Denny.  
 
Penghapusan karena di RT 1 hanya tersisa tiga rumah yang terdiri atas enam KK. Kemudian, RT 2 hanya satu rumah yang terdiri atas enam KK dan RT 5 hanya tersisa empat rumah dengan sembilan KK. 
 
"Dari kami saja sudah tidak memenuhi secara persyaratan," kata Denny.
 
Dia mengatakan penghapusan tersebut merupakan rekomendasi lurah yang memiliki kewenangan itu. Nantinya, warga yang RT/RW-nya dihapus akan digabung ke RT/RW terdekat. 
 
"Jika di wilayah itu masih ada warganya maka kewenangan lurah juga untuk menggabungkan warga yang masih ada kepada RT/RW yang terdekat di sana," kata dia.
 
Denny menyebut penghapusan RT/RW tidak menimbulkan pertentangan warga. Namun, para ketua RT/RW mengungkap kesedihan karena mereka sudah mengabdi lama.
 
"Karena di sana ada aliran dana APBD yang harus dipertanggungjawabkan, mana kala tidak memenuhi syarat maka ada pelanggaran hukum," kata Denny. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif