Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id

Anies: PSBB Tahap III Penentuan

Nasional Virus Korona PSBB
Sri Yanti Nainggolan • 25 Mei 2020 16:39
Jakarta: Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap III adalah penentuan untuk melanjutkan ke tahap IV atau berakhir. Hal ini tergantung kenaikan angka positif korona beberapa hari ke depan.
 
Anies menuturkan rasio angka reproduksi atau penularan virus korona (covid-19) masih berada di 1,11. Dia berharap angka ini di bawah 1 agar Jakarta bisa memasuki masa transisi.
 
"Kalau beberapa hari ke depan kita mulai naik, maka ada potensi perpanjangan, seakan mengulang proses kemarin," ujar Anies di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 25 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan Jakarta berhadapan dengan situasi unik. Masa perpanjangan PSBB berbarengan dengan musim mudik dan arus balik Idulfitri 1441 Hijriah.
 
(Baca: Baru 60 Persen Warga Jakarta Taat PSBB)
 
Pemprov DKI memperketat jalur keluar masuk Jakarta untuk mengantisipasi penyebaran virus. Dia menegaskan hanya orang-orang yang bekerja di 11 sektor dan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang bisa masuk ke Jakarta.
 
Upaya ini dilakukan agar kerja keras 10 juta orang di Jakarta dan 25 juta orang di Jabodetabek menurunkan tingkat penularan covid-19 selama dua bulan tidak sia-sia.
 
"Kita tidak ingin kerja keras kita batal karena muncul gelombang baru. Kalau itu terjadi maka yang menderita kita semua di Jakarta," tutur dia.
 
Anies mengungkapkan aturan ini merujuk Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif