Warga bertahan di rumahnya saat banjir melanda kawasan Rawajati, Jakarta Selatan. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Warga bertahan di rumahnya saat banjir melanda kawasan Rawajati, Jakarta Selatan. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Anies: Banjir Jakarta Bukan karena Hujan

Nasional banjir jakarta pemprov dki
Nur Azizah • 26 April 2019 12:58
Jakarta: Sebanyak 17 titik di Jakarta terendam banjir sejak kemarin malam. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banjir yang terjadi di Jakarta bukan karena hujan, melainkan kiriman dari hulu, Bogor, Jawa Barat.
 
"Di tempat itu tidak ada hujan sebetulnya. Mereka ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya deras," kata Anies di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019.
 
Anies berharap pembangunan bendungan Ciawi dan Sukamahi cepat rampung. Dengan begitu, air kiriman bisa berkurang hingga 30 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau bendungan itu selesai tahun ini maka bila terjadi hujan deras di daerah Ciawi, Bogor,airnya bisa di tahan sehingga air yang ke Jakarta bisa dikendalikan," ucap dia.
 
Baca juga:Sebagian Warga Cililitan Bertahan di Rumah
 
Tak hanya mengirim banjir, Bogor juga mengirim banyak sampah ke Ibu Kota. Hingga saat ini, petugas pasukan oranye masih sibuk membersihkan sampah di pintu air Manggarai.
 
"Petugas lingkungan hidup bekerja all out membersihkan sampah di Manggarai. Jakarta menampung sampah yang luar biasa banyaknya. Kalau lihat itu bukan sampah warga kita," ujarnya.
 
Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI mencatat ada 17 titik yang terdampak banjir. 17 titik tersebut antara lain di wilayah Jakarta Selatan yakni RW 07 Kelurahan Lenteng Agung, RW 01 Kelurahan Srengseng Sawah, RW 01 Kelurahan Pengadegan, RW 07 Kelurahan Rawajati, RW 05, 06, 07, 08 Kelurahan Pejaten Timur, dengan ketinggian banjir rata-rata 20 cm sampai dengan 170 cm.
 
Wilayah Jakarta Timur tepatnya di RW 02, 05, 08 Kel Cawang, RW 05 Kelurahan Balekambang, RW 04, 05, 08 Kelurahan Kampung Melayu, RW 07, 11 Kelurahan Bidara Cina. Lalu sebagian warga di RT 07, 08/RW 01 Kelurahan Pengadegan, mengungsi di Rusun Pengadegan, Jakarta Selatan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif