Ratusan Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir

Nur Azizah 09 Oktober 2018 11:02 WIB
banjir jakarta
Ratusan Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir
Foto udara Kali CIliwung, Jakarta. Foto: MI/Arya.
Jakarta: Lambatnya normalisasi Kali Ciliwung membuat Jakarta masih dibayangi banjir tahunan. Tahun ini diperkirakan sebanyak 129 kelurahan di Ibu Kota terancam terendam banjir.
 
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah mengatakan 129 kelurahan itu berada di sepanjang kali yang belum di normalisasi. Rinciannya, Kali Angke (enam kelurahan), Kali Pesanggrahan (21 kelurahan), Kali Krukut (12 kelurahan), dan Kali Ciliwung (28 kelurahan).
 
Sementara di Kanal Banjir Barat ada 10 kelurahan yang terancam, di Kali Ciliwung Lama ada sembilan kelurahan, Kali Sunter ada 23 kelurahan, Kali Cipinang ada 12 kelurahan, dan di Kali Cengkareng Drain ada delapan kelurahan.
 
"Salah satu penyebab masalah tersebut karena normalisasi tidak berjalan. Kali tidak mampu menampung banjir yang datang dari hulu. Jadinya, air melimpah," kata Bambang saat dihubungi, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Baca: Anggaran Pencegahan Banjir DKI Dipangkas

Bambang menyampaikan, data 129 kelurahan itu berdasarkan evaluasi kajian banjir Februari 2018. Karena sejak saat itu proyek normalisasi berhenti. "Sejak 2018 tidak ada kegiatan normalisasi," katanya.
 
Bambang menyampaikan, normalisasi baru terealisasi 16 kilometer dari 33 kilometer. Mandeknya proyek tersebut karena lambatnya pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.
 
"Karena tidak ada normalisasi tahun ini, maka dananya kami kembalikan ke kas negara," ujarnya.




(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id