Pemprov DKI Masih Tutup Hasil Uji Coba Drainase Vertikal

Fachri Audhia Hafiez 30 November 2018 12:25 WIB
pemprov dki
Pemprov DKI Masih Tutup Hasil Uji Coba Drainase Vertikal
Ilustrasi banjir - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta masih menutup rapat hasil uji coba sistem drainase vertikal atau sumur resapan. Program itu diklaim sukses diuji coba di tiga tempat berbeda.

"Saya kan nunggu Pak Gubernur Anies Baswedan, kalau hasilnya sudah fix sih enggak ada masalah," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Ricki Marojahan, saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 30 November 2018.

Ricki enggan membeberkan lebih jauh hasil uji coba drainase vertikal itu. Namun ia memastikan, hasil uji coba akan diumumkan resmi dalam waktu dekat oleh Anies, 


"Seharusnya iya (diumumkan dalam waktu dekat)," singkat Ricki.

Pada wawancara beberapa waktu lalu, Ricki mengatakan, Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta telah menguji coba sistem drainase vertikal di sebuah lapangan, jalan, dan sekolah pada Kamis, 22 November 2018. Namun, persis lokasi uji coba itu tak diungkapkan.

(Baca juga: Ada yang Lebih Efektif dari Drainase Vertikal)

Ricki membeberkan uji coba di sebuah lapangan yang biasanya tergenang 2-3 hari, dalam waktu 1-2 jam itu sudah surut. Luas genangan sekitar 50-60 meter kubik.

Kemudian di sebuah sekolah yang kerap tergenang air selama 24 jam, mampu kering selama 15 menit dengan luas genangan 5 meter kubik. Sementara, di sebuah jalan raya yang biasanya lebih dari 10 jam tergenang, hanya butuh 15 menit air surut dengan luas genangan 2,5 meter kubik.

Drainase vertikal direncanakan dibangun di empat wilayah DKI Jakarta, yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat. Sebanyak 1.383 drainase vertikal akan dibangun selama 2019.

(Baca juga: Drainase Vertikal Harus Dibarengi Normalisasi Sungai)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id