Warga Kalisari Tak Direlokasi ke Rusun
Petugas melihat reruntuhan rumah yang tertimbun tanah longsor di Perumahan Pesona Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Foto: MI/Pius Erlangga.
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menertibkan bangunan yang menyalahi aturan di Kalisari, Jakarta Timur. Pemerintah tidak akan memberikan kompensasi atau merelokasi mereka ke rumah susun.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga yang tinggal di RT 7 RW 05 itu memiliki perekonomian yang baik.
 
"Enggak, ini masyarakat mampu. Mereka yang tinggal di sana cukup baik," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.
 
Anies minta warga berembuk untuk menentukan tempat tinggal selanjutnya. Ia yakin, warga dengan sukarela angkat kaki dari lokasi tersebut.
 
"Jadi tinggal dimusyawarahkan saja. Pastinya mereka juga tidak ingin tinggal di tempat yang berisiko," imbuh Anies.

Baca: Korban Longsor di Jaktim Bangun Rumah di Lahan Hijau

Kemarin, lahan milik salah satu warga di RT 7 RW 05 Kalisari longsor setelah hujan turun. Longsor terjadi sekitar pukul 16.45 WIB.
 
Anies tak heran tanah tersebut longsor sebab lahan itu masuk hijau dan tidak seharusnya didirikan bangunan. Selain itu, sebagian rumah di lokasi tersebut berdiri di dekat saluran air.
 
"Apalagi tidak ada saluran air dari tempat yang tinggi. Jadi, air itu tertahan akhirnya jebol. Persisnya, kaya di tepi tebing dan tidak ada penopang. Lalu turap yang ada seperti penahan tanah saja tidak mungkin menahan gedung-gedung yang besar itu," kata Anies.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id