Tenaga Kontrak Pemkot Bekasi tak Dapat THR
Ilsutrasi. PNS Pemkot Bekasi di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Foto: Antara/Ivan Pramana.
Jakarta: Pemerintah Kota Bekasi dipastikan tidak memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai tenaga kerja kontrak (TKK). Meski bekerja di lingkungan Balai Kota Bekasi, TKK tidak termasuk Pegawai Negeri Sipil yang tunjangannya diatur dalam PP Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Tunjangan Hari Raya.
 
"Tidak ada THR bagi TKK di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi," kata Asda II Kota Bekasi Dadang Hidayat, Senin, 28 Mei 2018.
 
Menurut Dadang, pemberian THR bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sedangkan, sejak dulu tidak ada THR untuk TKK. Kalaupun ada, maka THR bagi TKK harus disesuaikan dengan APBD. Karena perekrutan TKK merupakan kebijakan daerah.
 
"TKK itu kan pegawai lokal, jadi harus disesuaikan dengan APBD. Nah kalau APBD tidak memungkinkan untuk itu, maka tidak kita siapkan," kata Dadang.

Baca: Kemenkeu Pastikan Tenaga Honorer Kementerian/Lembaga Dapat THR

Dadang mengungkapkan, urusan THR bagi TKK sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing Kepala Dinas terkait. Apabila ada kebijakan THR untuk TKK, hal tersebut di pastikan tidak sama dengan ASN.
 
"Ini bukan kewajiban, kalau Kepala Dinas kebetulan lagi ada (uang), pasti dikasihlah," ujarnya.
 
Seperti yang diketahui, jumlah pegawai di lingkung Pemerintahan Kota Bekasi sebanyak 12 ribu orang pegawai. Sebanyak 7 ribu di antaranya merupakan pegawai dengan status TKK.
 




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id