Suasana PTM di SMA Jubilee School, Sunter Agung, Jakarta Utara, Rabu, 1 September 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Suasana PTM di SMA Jubilee School, Sunter Agung, Jakarta Utara, Rabu, 1 September 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Alasan Pemprov DKI Yakin Tambah Sekolah untuk PTM Terbatas

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI covid-19 pandemi covid-19 Pembelajaran Tatap Muka
Theofilus Ifan Sucipto • 26 September 2021 16:49
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah 899 satuan pendidikan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) tahap II. Penambahan itu diklaim sudah berdasarkan kajian dan pertimbangan matang.
 
“Dari sisi kami, dari sekolah, dianggap sekolah dalam kondisi aman,” kata Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dihubungi, Minggu, 26 September 2021.
 
Taga menjelaskan aman yang dimaksud, yakni sudah memastikan tidak ada penularan covid-19 selama PTM tahap I. Disdik DKI sudah menelusuri laporan ihwal enam sekolah yang diduga menjadi klaster covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: PTM Terbatas Tahap II DKI Diundur Jadi 1 Oktober
 
“Hasil tracing (menunjukkan) tidak ditemukan penularan pasien,” ujar dia.
 
Alasan penambahan kedua ialah Disdik DKI intens berkoordinasi dengan pemangku kepentingan. Pihak ini mulai dari sekolah, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, hingga pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).
 
"Untuk jaga-jaga ketika terjadi emergency break, Dinkes DKI sudah paham apa yang akan dilakukan,” papar Taga.
 
Selain itu, Disdik DKI mengawasi betul alur dan proses PTM. Misalnya mengecek suhu siswa di gerbang sekolah, mencuci tangan dengan sabun, dan masker pengganti bagi anak yang menempuh perjalanan jauh.
 
Disdik DKI menyebut 1.509 sekolah siap menggelar PTM tahap II. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 984 Tahun 2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan PTM Terbatas Tahap II pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
"Menetapkan satuan pendidikan yang melaksanakan PTM campuran tahap II pada masa PPKM," dikutip dari salina surat Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana, Minggu, 26 September 2021.
 
SK mengatur penambahan 899 sekolah yang dibuka mulai Jumat, 1 Oktober 2021. Sebanyak 809 di antaranya sekolah umum dari tingkat TK hingga SMA dan SMK, serta 90 madrasah mulai tingkat RA sampai MA. Ratusan sekolah ini menyusul 610 sekolah yang sudah menggelar PTM terbatas tahap I sejak 30 Agustus 2021.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif