Petugas pemadam kebakaran Jakarta Timur memadamkan kobaran api di RT 05 RW 01 Cawang Dalam, Jakarta Timur, Rabu, 9 Oktober 2019. Foto: Antara/Andi Firdaus
Petugas pemadam kebakaran Jakarta Timur memadamkan kobaran api di RT 05 RW 01 Cawang Dalam, Jakarta Timur, Rabu, 9 Oktober 2019. Foto: Antara/Andi Firdaus

Ratusan Warga Cawang Mengungsi Akibat Kebakaran

Nasional kebakaran
Faisal Abdalla • 10 Oktober 2019 04:11
Jakarta: Api membakar puluhan rumah semi permanen di RW 01 Kampung Dalam, Cawang, Jakarta Timur. Ratusan warga mengungsi akibat rumah tinggalnya dilalap api.
 
"Jumlah warga yang terbakar ada 100-an orang yang tergabung dalam 60 kepala keluarga di RT 04 dan RT 05," kata Ketua RT 05 Muhammad Yusuf seperti dilansir dari Antara, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Kebakaran yang berlokasi tepat di belakang Apartemen Signature Park Jalan MT Haryono ini terjadi sekira pukul 18.00 WIB Rabu, 9 Oktober 2019. Sebanyak 40 rumah hangus terbakar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yusuf, rata-rata rumah yang terbakar dihuni oleh tiga kepala keluarga yang berprofesi sebagai pemulung, pengendara ojek online, hingga pegawai swasta di Jakarta.
 
"Kejadianya persis setelah magrib. Kebetulan saya sedang kerja ditelepon warga, rumah saya terbakar," ujarnya.
 
Yusuf mengaku belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Namun menurut petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menduga api disebabkan oleh kebocoran selang regulator gas.
 
"Kita belum tahu pasti penyebabnya apa, tapi dari kesaksian beberapa warga ada korsleting listrik dari atas. Lalu terdengar letusan seperti tabung gas," katanya.
 
Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaiman menyebut pihaknya telah menerjunkan 80 personel dan 16 armada pompa pemadam kebakaran. Petugas telah berhasil menguasai kobaran api di atas lahan seluas 2.000 meter persegi itu pada pukul 19.00.
 
"Kerugian berkisar Rp1 miliar," imbuhnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif