Kakorlantas Ajak Bike to Work Jelang Asian Games

Ilham wibowo 04 Juli 2018 18:47 WIB
asian games 2018
Kakorlantas Ajak <i> Bike to Work </i> Jelang Asian Games
Sejumlah Polwan dari Sabhara Polda Metro Jaya melakukan patroli bersepeda pada saat pelaksanaan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (15/1). MI/ ROMMY PUJIANTO.
Jakarta: Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengajak masyarakat menggunakan sepada untuk beraktivitas. Selain menjaga kesehatan, peralihan kendaraan bermotor ke sepeda juga mengurangi polusi udara.

Royke bernazar bakal bersepeda sepanjang persiapan perhelatan Asian Games 2018. Kegiatan itu skaligus menyosialisasikan kehadiran penambahan sistem ganjil genap yang bakal hadir di Ibu Kota. 

"Sebagai kompensasi, saya pribadi kemarin tanggal dua dan tanggal tiga sudah sosialisasi, sampai Asian Games kemana-mana saya akan bersepeda," kata Royke di Gedung PTIK, Rabu, 4 Juli 2018.


Royke mengaku telah membuktikan niatannya itu dengan mengendarai sepeda pada saat jam kerja. Ia bertolak menghadiri rapat dari Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan menuju gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta Pusat menggunakan sepeda.

"Kemarin saya naik sepeda dari Mabes ke Kementrian Perhubungan naik sepeda pulang pergi, saga akan lakukan sepanjang tidak hujan dan tidak buru-buru," jelas Royke.

Kehadiran perluasan sistem ganjil genap untuk menunjang pergelaran Asian Games 2018 merupakan momentum peralihan kendaraan pribadi ke transportasi masal. Momentum mengganti  kendaraan menggunakan sepeda untuk beraktivitas juga bisa dilakukan. 

"Saya ajak masyakarat mari kurangi kendaraan pribadi, walaupun angkutan umum belum memadai atau beralih kepada angkutan lain, saya akan bersepeda," pangkas Royke.



(DEN)