DPRD DKI Sepakati Anggaran Peralatan Jenazah Rp3 M
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: DPRD DKI Jakarta menyepakati alokasi anggaran yang diperuntukkan bagi penyediaan kain kafan, pengeras suara, dan papan senilai Rp3 miliar.

Hal tersebut diputuskan dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI terkait Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2018.

"Kita sepakati ya Rp200 juta untuk papan, Rp200 juta untuk kafan, dan Rp200 juta untuk tenda. Total Rp600 juta, dikalikan lima wilayah jadi Rp3 miliar," kata Pimpinan Banggar DPRD DKI  Ferrial Sofyan di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 13 September 2018. 


Sebelum keputusan diambil pembahasan anggaran ini sempat mengalami perdebatan. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik sempat menanyakan bantuan tunai sebesar Rp800 ribu bagi miskin untuk membeli kain kafan. Pertanyaan itu dilempar ke Dinas Kehutanan DKI Jakarta yang juga mengurus ihwal pemakaman di ibu kota.

"Dulu ada uang Rp800 ribu untuk beli kain kafan apa masih ada?" kata Taufik. 

Taufik khawatir dihapusnya anggaran tersebut akan menyulitkan warga miskin dalam mempersiapkan pemakaman. Menanggapi pertanyaan it Kepala Bidang Pemakaman Dinas Kehutanan DKI Siti Hasna mengatakan pihaknya dilarang memberikan bantuan secara tunai.

Aturan itu berlaku sejak Surat Keputusan Gubernur tahun 2016. Atas dasar itu mulai tahun 2017 tidak ada pemberian uang Rp800 ribu secara tunai untuk warga.

"Kami melayani jasa saja. Kami hadir ke keluarga miskin, kami membawa peralatannya sekaligus," tutur Hasna.

Mendengar hal itu Taufik meminta Dinas Kehutanan mensosialisasikan pelayanan tersebut pada warga miskin. Menurut dia banyak warga yang menganggap layanan itu berbayar.

"Ibu umumkan enggak kalau DKI menyediakan papan, kain kafan?," tanya Taufik.

Akhirnya Ferrial Sofyan lalu mengusulkan penambahan anggaran untuk fasilitas bagi warga yang meninggal sebelum kemudian disepakati.




(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id