Bus Transjakarta melintas di Jalan Jenderal Sudirman. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto.
Bus Transjakarta melintas di Jalan Jenderal Sudirman. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto.

TransJakarta bakal Gunakan Bahan Bakar Listrik

Nasional transjakarta
Nur Azizah • 08 Januari 2019 19:08
Jakarta: PT TransJakarta berencana menggunakan bahan bakar listrik untuk seluruh armada. Hal itu sesuai dengan kerja sama antara Pemprov DKI dan United Nation Environmental Program (UNEP).

Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan, penggunaan bahan bakar listrik pada transportasi massal sejalan dengan rencana Pemprov DKI yang akan mengubah Ibu Kota menjadi green city.

"UNEP melihat Jakarta punya potensi sangat besar untuk menjadi green city," kata Agung di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sebelum kebijakan itu dilaksanakan secara permanen, PT TransJakarta diminta melakukan uji coba. Pemprov DKI ingin kendaraan di Jakarta bisa ramah lingkungan layaknya di negara maju. "Di dunia ini sekarang menuju kepada kendaraan listrik. Jadi visi Pak Gubernur minta bahwa kita bisa ke sana. Jadi, ya kita mencoba mengubahnya," ungkap dia.

Saat ditanya waktu uji coba, Agung belum bisa memastikan. Isu kendaraan berbahan bakar listrik sudah pernah dibahas oleh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno pada Mei 2018 lalu. 

Sandi berjanji menghadirkan TransJakarta listrik saat Asian Games 2018. Janji ini dibuat setelah Sandi ditantang Presiden Joko Widodo.

Jokowi menantang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandi untuk menerapkan bus listrik di DKI Jakarta, seperti yang diterapkan kota-kota di Tiongkok. Saat ini, Negeri Tirai Bambu itu sedang gencar mengubah jenis transportasinya dari bahan bakar fosil menjadi transportasi berbahan bakar listrik. 

Sejak 2012, hampir 100 persen bus dan angkutan umum di kota-kota Tiongkok sudah tergantikan dengan bus listrik. Pemerintah Tiongkok pun mengganti sekitar 100 ribu bus listrik setiap tahun.

"Ini dimulai dari Jakarta dulu. Di sini hadir Pak Wagub ganti jadi bus listrik," tegas Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta pada beberapa waktu lalu.


(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi