Bestari Minta Politikus Tak Asal Umbar Janji
Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus meminta politikus tak asal mengumbar janji demi Pemilu 2019. Apalagi janji-janji tersebut tak bisa ditepati.

"Saya kira jangan mencari popularitas yang belum dikaji. Menjelang Pemilu 2019 jangan asal ngomong. Jangan mewacanakan hal yang belum tentu dilaksanakan," kata Bestari saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 23 November 2018.

Ini sekaligus menanggapi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mewacanakan pemberlakuan SIM seumur hidup dan menghapus pajak sepeda motor. Kebijakan ini bakal dilakukan bila mereka menang pemilu.  


Bestari menyampaikan yang perlu dikaji ialah proyek pembangunan setelah pemberian pajak. Seperti pembangunan jalan, menyediakan tempat parkir sepeda motor di beberapa tempat, dan pembangunan lainnya.

"Jadi, jangan latah jelang pemilu gitu. Lagian kenapa cuma motor? Kenapa enggak mobil dan pajak lainnya? Kalau mau bebaskan saja semua. Tapi kan enggak boleh begitu," kata dia.

(Baca juga: Wacana Penghapusan Pajak Motor Tak Rasional)

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini berharap politikus memberikan harapan yang lebih baik. Bukan hal yang tidak mungkin dilakukan.

"Kalau dipotong sedikit mungkin boleh. Tapi kalau dibebaskan berlebihan saya kira. Kan enggak semua yang punya motor itu warga miskin," kata dia.

Pemprov DKI berpotensi kehilangan pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp10 triliun bila kebijakan itu dilaksanakan. Pajak kendaraan bermotor di Ibu kota menjadi salah satu pendapatan terbesar.

Hingga saat ini, penerimaan pajak kendaraan bermotor di DKI sudah mencapai Rp8,5 triliun. Sedangkan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor sekitar Rp5,1 triliun. Perolehan pajak ini akan terus bertambah mengingat masih ada waktu satu setengah bulan sebelum berganti tahun. 

(Baca juga: DKI Targetkan Terima Rp8 Triliun dari Pajak Motor)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id