Vaksinasi covid-19 untuk lansia di Jakarta Utara, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Vaksinasi covid-19 untuk lansia di Jakarta Utara, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Warga KTP Non-DKI Boleh Ikut Vaksinasi Moderna di Jakarta

Nasional Virus Korona vaksinasi covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Selamat Saragih • 16 September 2021 15:57
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengubah kebijakan penyuntikan Vaksin Moderna yang sebelumnya dikhususkan bagi warga ber-KTP Jakarta. Vaksinasi covid-19 itu kini bisa dinikmati warga ber-KTP non-DKI.
 
"Untuk jenis Moderna, bisa disuntikkan bagi WNI KTP seluruh Indonesia," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis, 16 September 2021.
 
Menurut dia, Vaksin Moderna tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) dan sentra vaksinasi covid-19 di DKI Jakarta. Vaksin covid-19 itu, kata Widyastuti, bisa digunakan untuk penderita penyakit autoimun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Termasuk juga pasien dalam terapi imunosupresan harus sesuai dengan rekomendasi dokter," ujar Widyastuti.
 
Baca: 16 September, 514 Ribu Siswa di Jakarta Telah Vaksin Dua Dosis
 
Puskesmas akan berkoordinasi dengan RSUD dalam vaksinasi menggunakan Vaksin Moderna. Hal ini apabila pemeriksaan lebih lanjut dibutuhkan terhadap calon peserta vaksinasi sesuai dengan indikasi medis.
 
Selain itu, kuota vaksin dosis kedua ditambah minimal 250 orang per hari per kecamatan via aplikasi JAKI. Puskesmas dan RSUD juga membuka layanan vaksinasi pada hari libur, Sabtu, dan Minggu dengan pilihan jam yang bervariasi, termasuk di sore dan malam hari.
 
"Kami akan melakukan penyisiran untuk mengejar pencapaian dosis satu dan dua bagi sasaran remaja, pendidik, tenaga kependidikan, masyarakat rentan (ibu hamil, ibu menyusui, penyandang disabilitas, dan lainnya)," jelas Widyastuti.
 
Dia mengajak semua pihak bersatu melawan covid-19. Sejarah disebut telah membuktikan vaksin beberapa kali menyelamatkan dunia dari pandemi. Vaksin menjadi salah satu temuan berharga dunia sains. 
 
"Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi," jelas dia.

Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif