Ilustrasi banjir. ANT/Galih Pradipta
Ilustrasi banjir. ANT/Galih Pradipta

Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Nasional banjir jakarta pemprov dki
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Oktober 2020 11:16
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah strategi mengantisipasi banjir menjelang musim hujan. Pemprov menggandeng sejumlah pihak terkait untuk memastikan Ibu Kota aman dari banjir.
 
“Kita melakukan grebek lumpur, pengerukan 13 sungai kemudian danau, situ embung, membuat sodetan, dan mempersiapkan seluruh pompa,” kata Wakil Gubernur DKI jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), saat meninjau kerja bakti penanggulangan banjir di Kali Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Oktober 2020.
 
Pemprov DKI juga menyiapkan program peringatan dini agar masyarakat bisa memperkirakan kedatangan air. Kemudian menyiapkan drainase vertikal biopori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh upaya tersebut, kata Ariza, didukung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Basuki membantu menyiapkan dua waduk di Ciawi dan Cimahi, Jawa Barat.
 
“Nanti di tahun 2021 sudah selesai setidaknya bisa mengurangi 11 persen potensi banjir di Jakarta,” ujar Ariza.
 
Bantuan juga datang dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil. Sofyan diminta mengoordinasikan Jakarta dan sekitarnya untuk mengendalikan banjir.
 
“Kita upayakan dan tidak kurang dari Rp5 triliun dalam dua tahun ke depan anggaran yang kita persiapkan (untuk mengendalikan banjir),” tutur politikus Gerindra itu.
 
Ariza mengajak seluruh warga Jakarta mendukung seluruh upaya tersebut. Caranya, membuat sumur resapan, disiplin tidak membuang sampah sembarangan, dan membantu membersihkan lingkungan.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif