Penerapan ganjil genap di Jalan Sudirman/MI/Galih Pradipta
Penerapan ganjil genap di Jalan Sudirman/MI/Galih Pradipta

Ganjil Genap Ditiadakan Jelang Lebaran

Nasional sistem ganjil genap
Nur Azizah • 29 Mei 2019 17:26
Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal menghapus kebijakan ganjil genap untuk sementara. Penghapusan ini hanya berlaku menjelang Hari Raya Idulfitri.
 
"Tidak berlaku ganjil genap mulai tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko saat dihubungi, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Kebijakan pembatasan kendaraan ini juga tidak diberlakukan saat hari H Lebaran. Aturan ini sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 155 Tahun 2018 yang menyebut ganjil genap tak berlaku di hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasal 3 ayat 3 menyebutkan pembatasan lalulintas dan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan Keputusan Presiden," kata Sigit.
 
Namun, Dinas Perhubungan DKI tetap akan merekayasa lalu lintas. Rekayasa ini akan diberlakukan di sekitar pusat perbelanjaan mulai 29 Mei-13 Juni 2019.
 
Pemprov DKI juga meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day pada 2 Juni dan 9 Juni 2019. Sebab, Jakarta akan ditinggal warga mudik.
 
Petugas Dishub akan berkonsentrasi untuk mengamankan pelaksanaan Idulfitri. Pemberhentian sementara dua kebijakan ini sudah mendapatkan restu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif