Sandi Targetkan Bus Listrik Beroperasi saat Asian Games
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno langsung menindaklanjuti tantangan Presiden Jokowi untuk menghadirkan bus listrik di Ibu Kota Jakarta. Sandiaga memastikan bus listrik akan beroperasi saat Asian Games 2018.
 
"Tadi langsung saya tindak lanjuti. Jadi birokasi jaman now, presiden perintah di atas panggung ke saya. Saya langsung WA CEO TransJakarta. TransJakarta langsung berkoordinasi dengan pihak vendor," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Mei 2018.
 
Sandi menargetkan kehadiran bus-bus masa kini tersebut saat pagelaran Asian Games 2018 Agustus mendatang. Bus listrik akan disediakan untuk beberapa rute.
 
"Ini untuk memenuhi permintaan Presiden. Karena Presiden menunjukkan bahwa Shenzhen, Hongkong sudah 100 persen listrik dan kita ingin Jakarta juga punya sesuatu yang menunjukkan kita mulai shifting ke angkutan yang ramah lingkungan," ujar Sandi.

Baca: Sandiaga Langsung Pesan Bus Listrik Usai Ditantang Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi menantang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menerapkan bus listrik di DKI Jakarta, seperti yang diterapkan kota-kota di Tiongkok. Jokowi mengatakan hal itu di depan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga hadir dalam The 42nd Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition 2018.
 
Ia menuturkan saat ini Tiongkok sedang gencar mengubah jenis transportasinya. Dari transportasi berbahan bakar fosil menjadi transportasi berbahan bakar listrik. Sejak 2012 hampir 100 persen bus dan angkutan umum di kota-kota Tiongkok sudah tergantikan dengan bus listrik.
 
Pemerintah Tiongkok pun mengganti sekitar 100 ribu bus listrik setiap tahun. "Ini dimulai dari Jakarta dulu. Di sini hadir Pak Wagub ganti jadi bus listrik," tegas Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id