Anies Minta Warga Mengawasi Indekos
Gubernur DKI Anies Baswedan meluncurkan OK-Otrip. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Mereka perlu memantau indekos yang tidak dikenal penghuninya.

"Saya minta RT, RW, LMK (lembaga musyawarah kelurahan) memantau indekos untuk memastikan bahwa semua kegiatan yang berlangsung di lingkungan masing-masing adalah kegiatan yang tidak menimbulkan ancaman," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Mei 2018.

Anies mengimbau masyarakat tidak lengah. Mereka diminta aktif melaporkan hal-hal yang mencurigakan. 


"Jadi kita tidak ingin lengah, kita ingin waspada, dan kewaspadaan harus ditingkatkan sampai paling bawah," ujar dia.

Ada lima poin yang diserukan Anies melalui surat edaran tersebut. Pertama, masyarakat diminta meningkatkan koordinasi dengan aparat wilayah dan aparat keamanan di lingkungan masing-masing. 

Baca: Jokowi: Indonesia Aman

Kedua, warga harus meningkatkan pengawasan terhadap penghuni kost hingga pendatang baru. Ketiga, warga perlu mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). 

Keempat, publik melapor ke aparat wilayah dan aparat keamanan bila menemukan hal-hal yang mencurigakan. Kelima, publik harus turut serta menghadirkan suasana kondusif.

"Kita ingin Jakarta aman karena itu kita minta kepada semua terutama yang di level paling dekat dengan masyarakat untuk memantau situasi kondisi," ujar Anies. 





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id