Ilustrasi Sungai Ciliwung. Foto: MI/Arya.
Ilustrasi Sungai Ciliwung. Foto: MI/Arya.

Jernihkan 20 Sungai, DKI Berencana Bangun IPAL Komunal

Nasional normalisasi sungai
Nur Azizah • 13 September 2018 15:49
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal di permukiman. IPAL itu dibutuhkan untuk mengolah limbah yang selama ini dibuang ke 20 sungai .
 
Sebanyak 20 sungai itu adalah Sungai Ciliwung, Cipinang, Angke, Mokevart, Grogol, Sunter, Krukut, Cengkareng, Buaran, Petukangan, Kali Baru, Banjir Kanal Timur, Cakung, Cideng, Mampang, Tarum Barat, Kamal, Pesanggrahan, Sungai Sepak, dan Blencong.
 
Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ali Maulana mengatakan salah satu upaya meningkatkan baku air ialah dengan pembangunan Ipal komunal. Pembangunan Ipal komunal akan dibuat di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misal yang dibutuhkan IPAL komunal bagi permukiman, itu yang membuat Dinas Perumahan. Kalau IPAL terkait PD PAL dan Dinas SDA (Sumber Daya Air). Itu mereka yang buat," kata Ali di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.
 
Ali menyampaikan pihaknya tengah menyusun rencana induk untuk jangka pendek dan panjang. Ia menargetkan rencana induk itu akan rampung bulan ini.
 
"Tapi kita lihat dulu penyebabnya. Ternyata penyebabnya itu ada dari grey water, ada black water. Grey water itu dari rumah tinggal, sementara black water itu dari usaha-usaha skala rumahan," ungkapnya.
 
Baca: Baru 4 Gedung Memenuhi Pengelolaan Air dan IPAL
 
Grey water merupakan sisa air cucian, dapur, dan mandi. Grey water menyumbang 70 persen limbah di sungai. Sementara black water merupakan limbah tinja dan industri.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan Kali Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Keinginannya itu ia sampaikan setelah blusukan ke sungai yang menjadi tempat favorit warga Korea itu.
 
"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi kemarin, Selasa 11 September 2018 di Seoul.

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi